Tema 5 untuk kelas 3 Sekolah Dasar (SD) berfokus pada "Cuaca". Tema ini mengajak siswa untuk memahami berbagai fenomena cuaca yang terjadi di sekitar mereka, dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari, serta cara menyikapinya. Melalui tema ini, siswa diharapkan mampu mengamati, mengidentifikasi, dan menjelaskan berbagai jenis cuaca, serta menghubungkannya dengan aktivitas manusia dan lingkungan.
Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup berbagai mata pelajaran terintegrasi dalam tema "Cuaca". Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa secara komprehensif dan aplikatif.
A. Bahasa Indonesia: Membaca dan Memahami Informasi Cuaca
Teks:
Laporan Cuaca Hari Ini
Hari ini, di kota Bandung, cuaca diperkirakan akan cerah berawan sepanjang hari. Suhu udara akan berkisar antara 24 derajat Celcius hingga 30 derajat Celcius. Angin bertiup lemah dari arah timur.
Di wilayah pegunungan, seperti Lembang, diperkirakan akan terjadi hujan ringan pada sore hari. Suhu udara di Lembang akan lebih sejuk, berkisar antara 18 derajat Celcius hingga 25 derajat Celcius.
Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan minum air yang cukup, terutama bagi yang beraktivitas di luar ruangan.
Pertanyaan:
a. Di kota mana cuaca diperkirakan cerah berawan?
b. Berapakah perkiraan suhu udara tertinggi di kota Bandung?
c. Di mana diperkirakan akan terjadi hujan ringan?
d. Berapakah perkiraan suhu udara terendah di Lembang?
e. Apa imbauan yang diberikan kepada masyarakat?Kunci Jawaban:
a. Kota Bandung
b. 30 derajat Celcius
c. Lembang
d. 18 derajat Celcius
e. Menjaga kesehatan dan minum air yang cukup-
Teks:
Pengalaman Seru di Hari Hujan
Kemarin, aku dan keluargaku berencana pergi ke kebun binatang. Namun, saat kami bangun, hujan turun dengan derasnya. Awalnya, aku merasa kecewa. Tapi, ibuku punya ide yang seru!
Kami memutuskan untuk membuat kue bersama. Aku membantu mengaduk adonan dan menghias kue dengan berbagai macam meses. Setelah itu, kami membaca buku cerita di dekat jendela sambil mendengarkan suara hujan.
Walaupun tidak bisa pergi ke kebun binatang, hari itu tetap menjadi hari yang menyenangkan. Aku belajar bahwa kita bisa menemukan kesenangan di mana saja, bahkan saat hujan turun.
Pertanyaan:
a. Ke mana awalnya penulis dan keluarganya berencana pergi?
b. Mengapa penulis merasa kecewa pada awalnya?
c. Apa yang dilakukan penulis dan keluarganya di dalam rumah?
d. Bagaimana perasaan penulis di akhir cerita?
e. Apa pesan yang bisa kita ambil dari cerita ini?Kunci Jawaban:
a. Ke kebun binatang
b. Karena hujan turun dengan derasnya
c. Membuat kue bersama dan membaca buku cerita
d. Senang
e. Kita bisa menemukan kesenangan di mana saja, bahkan saat hujan turun.
B. Matematika: Mengukur Waktu dan Suhu
-
Soal:
Ibu mulai membuat kue pada pukul 09.00 pagi. Ibu selesai membuat kue pada pukul 11.30 pagi. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Ibu untuk membuat kue?
Kunci Jawaban:
2 jam 30 menit
-
Soal:
Suhu udara di pagi hari adalah 25 derajat Celcius. Pada siang hari, suhu udara naik 5 derajat Celcius. Berapakah suhu udara pada siang hari?
Kunci Jawaban:
30 derajat Celcius
-
Soal:
Ani ingin membuat es teh. Ia memasukkan es batu ke dalam teh hangat. Suhu teh hangat adalah 40 derajat Celcius. Setelah dimasukkan es batu, suhu teh turun 12 derajat Celcius. Berapakah suhu es teh sekarang?
Kunci Jawaban:
28 derajat Celcius
-
Soal:
Ayah menjemur pakaian pada pukul 10.00 pagi. Pakaian tersebut kering pada pukul 01.00 siang. Berapa lama waktu yang dibutuhkan pakaian tersebut untuk kering?
Kunci Jawaban:
3 jam
C. IPA: Mengenal Jenis-Jenis Cuaca dan Dampaknya
-
Soal:
Sebutkan 3 jenis cuaca yang kamu ketahui!
Kunci Jawaban:
Cerah, Berawan, Hujan
-
Soal:
Apa yang kamu rasakan saat cuaca cerah?
Kunci Jawaban:
Panas dan terang
-
Soal:
Apa manfaat hujan bagi kehidupan manusia?
Kunci Jawaban:
Menyirami tanaman, mengisi sumber air, membersihkan udara
-
Soal:
Apa yang sebaiknya kamu lakukan saat cuaca hujan?
Kunci Jawaban:
Berteduh di tempat yang aman, memakai payung atau jas hujan, menghindari bermain di tempat terbuka
-
Soal:
Bagaimana cara petani memanfaatkan cuaca cerah?
Kunci Jawaban:
Menjemur hasil panen, mengeringkan tanah sawah
D. IPS: Pengaruh Cuaca Terhadap Aktivitas Manusia
-
Soal:
Sebutkan 3 contoh aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh cuaca!
Kunci Jawaban:
Bertani, nelayan melaut, menjemur pakaian
-
Soal:
Bagaimana cuaca hujan mempengaruhi aktivitas nelayan?
Kunci Jawaban:
Nelayan tidak bisa melaut karena berbahaya
-
Soal:
Apa yang biasanya dilakukan orang saat cuaca dingin?
Kunci Jawaban:
Memakai pakaian tebal, minum minuman hangat, berdiam diri di dalam rumah
-
Soal:
Bagaimana cuaca cerah membantu petani garam?
Kunci Jawaban:
Membantu proses penguapan air laut untuk menghasilkan garam
-
Soal:
Sebutkan contoh makanan yang cocok dinikmati saat cuaca hujan!
Kunci Jawaban:
Bakso, mie rebus, sup
E. SBdP: Menggambar dan Mewarnai Cuaca
-
Soal:
Gambarlah pemandangan saat cuaca cerah! (Siswa diminta menggambar matahari, awan putih, dan lingkungan yang cerah)
-
Soal:
Gambarlah pemandangan saat cuaca hujan! (Siswa diminta menggambar awan gelap, air hujan, dan orang yang memakai payung atau jas hujan)
-
Soal:
Warnailah gambar awan mendung dengan warna yang sesuai! (Siswa diminta mewarnai gambar awan dengan warna abu-abu atau biru tua)
F. PPKn: Sikap Bijak Menghadapi Perubahan Cuaca
-
Soal:
Apa yang sebaiknya kamu lakukan jika temanmu kehujanan dan tidak membawa payung?
Kunci Jawaban:
Menawarkan untuk berbagi payung
-
Soal:
Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan saat musim hujan?
Kunci Jawaban:
Untuk mencegah banjir dan penyakit
-
Soal:
Bagaimana cara kita bersikap toleran terhadap perbedaan pendapat tentang cuaca?
Kunci Jawaban:
Menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapat sendiri
Kesimpulan
Contoh soal tematik di atas mencakup berbagai aspek penting dalam tema "Cuaca". Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang jenis-jenis cuaca, dampaknya terhadap kehidupan, serta cara menyikapinya dengan bijak. Diharapkan, melalui pembelajaran tematik ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, serta menjadi individu yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, penting bagi guru untuk memberikan variasi soal dan aktivitas yang menarik agar siswa tetap termotivasi dan antusias dalam belajar. Dengan pendekatan yang tepat, tema "Cuaca" dapat menjadi pengalaman belajar yang seru dan bermakna bagi siswa kelas 3 SD.
Tinggalkan Balasan