Menjelajahi Masa Lalu: Panduan Lengkap Contoh Soal Recount Text untuk SMP Kelas 2

Categories:

Recount text adalah salah satu jenis teks naratif yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris di jenjang SMP, terutama di kelas 2. Teks ini mengajak kita untuk "bercerita kembali" tentang pengalaman, kejadian, atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Memahami recount text bukan hanya tentang menghafal struktur, tetapi juga tentang kemampuan menyusun cerita yang runtut, jelas, dan menarik.

Bagi siswa SMP kelas 2, pengenalan recount text biasanya dimulai dengan contoh-contoh yang sederhana dan familiar, seperti cerita tentang liburan, kegiatan sehari-hari, atau pengalaman pribadi. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang recount text, mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga yang paling penting, menyajikan berbagai contoh soal yang bervariasi, lengkap dengan pembahasan, untuk membantu siswa SMP kelas 2 menguasai materi ini.

Apa Itu Recount Text?

Secara sederhana, recount text adalah teks yang menceritakan kembali suatu kejadian atau pengalaman di masa lalu. Tujuannya adalah untuk menghibur pembaca, memberikan informasi, atau sekadar berbagi cerita. Kata kunci dari recount text adalah "menceritakan kembali" (to recount).

Bayangkan Anda menceritakan pengalaman liburan Anda kepada teman. Anda akan mulai dari kapan liburan itu terjadi, ke mana Anda pergi, apa saja yang Anda lakukan di sana, dan bagaimana perasaan Anda. Itulah inti dari recount text.

Menjelajahi Masa Lalu: Panduan Lengkap Contoh Soal Recount Text untuk SMP Kelas 2

Ciri-Ciri Recount Text

Agar lebih mudah mengenali dan membuat recount text, perhatikan ciri-ciri utamanya:

  1. Menggunakan Tenses Masa Lampau (Past Tenses): Ini adalah ciri paling fundamental. Recount text selalu menggunakan bentuk kata kerja lampau, seperti Simple Past Tense (misalnya, went, saw, ate, visited) dan terkadang Past Continuous Tense (misalnya, was walking, were playing) atau Past Perfect Tense (misalnya, had already finished) untuk memberikan konteks waktu.
  2. Menggunakan Kata Keterangan Waktu (Adverbs of Time): Untuk menunjukkan urutan kejadian, recount text sering menggunakan kata keterangan waktu seperti yesterday, last week, last year, two days ago, in 2022, when I was young.
  3. Menggunakan Kata Penghubung Urutan (Sequencing Words): Kata-kata seperti first, then, next, after that, finally, before sangat membantu dalam menyusun alur cerita agar mudah diikuti.
  4. Fokus pada Tokoh Tertentu (Specific Participants): Teks ini biasanya berfokus pada pengalaman satu atau beberapa orang tertentu.
  5. Menggunakan Kata Kerja Aksi (Action Verbs): Untuk menggambarkan kejadian, banyak digunakan kata kerja yang menunjukkan tindakan, seperti walked, ran, swam, played, ate, saw, met.
  6. Menggunakan Kata Sifat (Adjectives): Kata sifat digunakan untuk memberikan deskripsi yang lebih hidup pada pengalaman, seperti beautiful, amazing, exciting, delicious, tired.

Struktur Recount Text

Recount text umumnya memiliki tiga bagian utama:

  1. Orientation (Pendahuluan): Bagian ini memperkenalkan siapa yang terlibat, kapan kejadian itu terjadi, dan di mana kejadian itu berlangsung. Ini seperti mengatur panggung untuk cerita.

    • Contoh: "Last Saturday, my family and I went to the zoo." (Sabtu lalu, keluargaku dan aku pergi ke kebun binatang.)
  2. Events (Rangkaian Kejadian): Bagian ini menceritakan serangkaian kejadian yang terjadi secara kronologis. Setiap kejadian diceritakan satu per satu.

    • Contoh: "First, we saw the lions. Then, we fed the giraffes. After that, we watched the elephant show." (Pertama, kami melihat singa. Kemudian, kami memberi makan jerapah. Setelah itu, kami menonton pertunjukan gajah.)
  3. Reorientation (Penutup/Kesimpulan): Bagian ini adalah penutup cerita. Biasanya berisi kesan, perasaan, atau harapan mengenai kejadian tersebut.

    • Contoh: "It was a fun and memorable day. I really enjoyed my time at the zoo." (Itu adalah hari yang menyenangkan dan tak terlupakan. Aku sangat menikmati waktuku di kebun binatang.)

Mengapa Recount Text Penting untuk SMP Kelas 2?

Mempelajari recount text di kelas 2 SMP memberikan banyak manfaat:

  • Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris: Siswa belajar menggunakan kosakata baru, tata bahasa (terutama past tenses), dan struktur kalimat.
  • Mengembangkan Kemampuan Bercerita: Siswa dilatih untuk menyusun cerita yang logis dan menarik.
  • Meningkatkan Pemahaman Membaca: Dengan berlatih soal recount text, siswa akan terbiasa mengenali pola dan informasi penting dalam teks naratif.
  • Membangun Kepercayaan Diri: Kemampuan bercerita kembali dalam bahasa Inggris dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Contoh Soal Recount Text dan Pembahasannya

Mari kita selami berbagai jenis soal yang sering muncul untuk recount text di jenjang SMP kelas 2.

Soal 1: Memahami Isi Teks (Mencari Informasi Spesifik)

Teks:

My family and I visited the beach last Sunday. The weather was sunny and bright. We arrived at the beach around 10 AM. First, my father rented a boat. Then, my mother and I built a sandcastle. It was very fun. After that, my brother and I played volleyball. We were so tired but happy. In the afternoon, we ate delicious fried rice for lunch. Before going home, we bought some souvenirs. It was a wonderful day.

Pertanyaan:

  1. When did the writer’s family visit the beach?
    a. Last Saturday
    b. Last Sunday
    c. Yesterday
    d. Two days ago

  2. What did the writer’s father do first?
    a. Built a sandcastle
    b. Played volleyball
    c. Bought souvenirs
    d. Rented a boat

  3. What did the writer and his brother do after building a sandcastle?
    a. Ate fried rice
    b. Played volleyball
    c. Rented a boat
    d. Bought souvenirs

  4. What kind of food did they eat for lunch?
    a. Pizza
    b. Spaghetti
    c. Fried rice
    d. Nasi goreng (This is incorrect as the text is in English)

  5. What was the writer’s feeling at the end of the day?
    a. Sad
    b. Tired but happy
    c. Bored
    d. Angry

Pembahasan:

Soal jenis ini menguji kemampuan siswa dalam menemukan informasi yang jelas disebutkan dalam teks.

  1. Jawaban: b. Last Sunday. Teks secara eksplisit menyatakan "My family and I visited the beach last Sunday."
  2. Jawaban: d. Rented a boat. Kalimat "First, my father rented a boat" memberikan jawaban langsung.
  3. Jawaban: b. Played volleyball. Teks berurutan menyebutkan "After that, my brother and I played volleyball."
  4. Jawaban: c. Fried rice. Teks menyatakan "In the afternoon, we ate delicious fried rice for lunch."
  5. Jawaban: b. Tired but happy. Teks diakhiri dengan "We were so tired but happy."

Soal 2: Mengidentifikasi Struktur Teks (Orientation, Events, Reorientation)

Teks:

Yesterday was my birthday. I was so excited because my parents planned a surprise party for me.
The party started at 7 PM. My friends came to my house one by one. We sang "Happy Birthday" and I blew out the candles on my cake. After that, we played some games and opened the presents. I received many wonderful gifts.
I had a great time with my friends and family. It was the best birthday ever!

Pertanyaan:

  1. Which part of the text is the Orientation?
    a. "Yesterday was my birthday. I was so excited because my parents planned a surprise party for me."
    b. "The party started at 7 PM. My friends came to my house one by one. We sang ‘Happy Birthday’ and I blew out the candles on my cake. After that, we played some games and opened the presents. I received many wonderful gifts."
    c. "I had a great time with my friends and family. It was the best birthday ever!"
    d. All of the above

  2. Which part of the text describes the Events?
    a. "Yesterday was my birthday. I was so excited because my parents planned a surprise party for me."
    b. "The party started at 7 PM. My friends came to my house one by one. We sang ‘Happy Birthday’ and I blew out the candles on my cake. After that, we played some games and opened the presents. I received many wonderful gifts."
    c. "I had a great time with my friends and family. It was the best birthday ever!"
    d. All of the above

  3. Which part of the text is the Reorientation?
    a. "Yesterday was my birthday. I was so excited because my parents planned a surprise party for me."
    b. "The party started at 7 PM. My friends came to my house one by one. We sang ‘Happy Birthday’ and I blew out the candles on my cake. After that, we played some games and opened the presents. I received many wonderful gifts."
    c. "I had a great time with my friends and family. It was the best birthday ever!"
    d. All of the above

Pembahasan:

Soal ini menguji pemahaman siswa tentang struktur dasar recount text.

  1. Jawaban: a. "Yesterday was my birthday. I was so excited because my parents planned a surprise party for me." Bagian ini memperkenalkan siapa (saya, orang tua), kapan (kemarin/ulang tahun), dan memberikan sedikit latar belakang (pesta kejutan).
  2. Jawaban: b. "The party started at 7 PM. My friends came to my house one by one. We sang ‘Happy Birthday’ and I blew out the candles on my cake. After that, we played some games and opened the presents. I received many wonderful gifts." Bagian ini menceritakan urutan kejadian yang terjadi selama pesta.
  3. Jawaban: c. "I had a great time with my friends and family. It was the best birthday ever!" Bagian ini memberikan rangkuman perasaan dan kesimpulan dari seluruh kejadian.

Soal 3: Melengkapi Kalimat (Menggunakan Kosakata dan Tenses yang Tepat)

Teks:

Last holiday, my family and I ____ (go) to Bandung. We ____ (stay) at my aunt’s house. The next morning, we ____ (visit) Tangkuban Perahu. The volcano was very big and beautiful. We ____ (take) many photos there. In the afternoon, we ____ (buy) some souvenirs like ongklok and pisang molen. We ____ (feel) very happy to explore Bandung.

Pertanyaan:

Fill in the blanks with the correct past tense form of the verbs in brackets.

Pembahasan:

Soal ini fokus pada penggunaan Simple Past Tense.

  • go -> went
  • stay -> stayed
  • visit -> visited
  • take -> took
  • buy -> bought
  • feel -> felt

Kalimat lengkapnya akan menjadi:
Last holiday, my family and I went to Bandung. We stayed at my aunt’s house. The next morning, we visited Tangkuban Perahu. The volcano was very big and beautiful. We took many photos there. In the afternoon, we bought some souvenirs like ongklok and pisang molen. We felt very happy to explore Bandung.

Soal 4: Mengurutkan Kalimat (Memahami Urutan Kronologis)

Teks:

Rearrange the following sentences to form a good recount text.

  1. Finally, we went home, feeling tired but happy.
  2. Yesterday, my friends and I decided to visit the new park in our town.
  3. We played on the swings and slides for hours.
  4. When we arrived, the park was very crowded.
  5. First, we explored the different areas of the park.

Pembahasan:

Soal ini melatih siswa untuk menyusun cerita agar memiliki alur yang logis.

Urutan yang benar adalah:
2 – 5 – 3 – 4 – 1

  • 2. Yesterday, my friends and I decided to visit the new park in our town. (Orientation – kapan dan siapa)
  • 5. First, we explored the different areas of the park. (Event 1 – menggunakan kata "First" dan tindakan awal)
  • 3. We played on the swings and slides for hours. (Event 2 – tindakan selanjutnya)
  • 4. When we arrived, the park was very crowded. (Detail tambahan atau kejadian di tengah, ini bisa sedikit fleksibel penempatannya tapi logis setelah menjelaskan kegiatan utama.) Catatan: Kadang urutan seperti ini bisa sedikit bervariasi tergantung penekanan, namun ide dasarnya adalah kejadian utama dulu baru detail.
  • 1. Finally, we went home, feeling tired but happy. (Reorientation – penutup dan perasaan)

Atau, jika kalimat 4 dianggap sebagai kejadian yang terjadi saat tiba:
2 – 4 – 5 – 3 – 1

  • 2. Yesterday, my friends and I decided to visit the new park in our town.
  • 4. When we arrived, the park was very crowded.
  • 5. First, we explored the different areas of the park.
  • 3. We played on the swings and slides for hours.
  • 1. Finally, we went home, feeling tired but happy.

Kedua urutan di atas valid, namun urutan kedua mungkin sedikit lebih menekankan kronologi kedatangan. Dalam konteks soal SMP, pemahaman akan "First", "Finally", dan urutan kejadian adalah kunci.

Soal 5: Membuat Recount Text Sederhana (Produksi)

Topik: Your memorable experience last weekend.

Instruksi: Write a short recount text about your memorable experience last weekend. Remember to use past tenses and sequencing words.

Contoh Jawaban Siswa (sebagai panduan penilaian):

Last weekend, I went to my grandmother’s house. It was a special visit because she was celebrating her birthday. First, I helped my mother prepare some delicious cakes. Then, my grandmother’s friends came. We sang "Happy Birthday" together. After that, we ate lunch and opened presents. I gave her a beautiful scarf. Finally, I felt so happy to spend time with my beloved grandmother.

Pembahasan untuk Siswa:

Saat membuat recount text, ingatlah struktur:

  • Orientation: Kapan dan di mana Anda pergi? Siapa yang terlibat?
  • Events: Apa saja yang Anda lakukan secara berurutan? Gunakan kata seperti first, then, next, after that.
  • Reorientation: Bagaimana perasaan Anda di akhir pengalaman tersebut?

Pastikan Anda menggunakan kata kerja bentuk lampau (misalnya, went, helped, prepared, came, sang, ate, gave, felt).

Soal 6: Mengubah Teks dari Tenses Lain ke Past Tense (Latihan Gramatikal)

Teks (Present Tense):

Today, I play with my dog in the garden. He runs so fast. I throw a ball, and he catches it. We have a lot of fun.

Pertanyaan:

Rewrite the text above into a recount text using past tenses.

Pembahasan:

Teks ini perlu diubah ke Simple Past Tense agar menjadi recount text.

  • play -> played
  • runs -> ran
  • throw -> threw
  • catches -> caught
  • have -> had

Teks yang diubah menjadi recount text:

Yesterday, I played with my dog in the garden. He ran so fast. I threw a ball, and he caught it. We had a lot of fun.

Soal 7: Menentukan Kata yang Tidak Sesuai (Error Recognition)

Teks:

Last week, I go to the library. I borrow some books about animals. Then, I read them at home. The books are very interesting. I learned many new facts about elephants and tigers. It was a good experience.

Pertanyaan:

Find the word that does not fit in the past tense in the text above.

a. go
b. borrow
c. read
d. learned

Pembahasan:

Jawaban: a. go. Kata "go" adalah bentuk present tense. Untuk recount text, seharusnya menggunakan bentuk lampau, yaitu "went". Kata "borrow" seharusnya menjadi "borrowed", "read" bisa tetap "read" (dibaca red), dan "learned" sudah benar dalam bentuk lampau. Jika soal meminta satu kata yang tidak sesuai, maka "go" adalah jawabannya karena tidak dalam bentuk lampau.

Tips Tambahan untuk Siswa SMP Kelas 2:

  • Perbanyak Membaca: Baca berbagai contoh recount text tentang topik yang Anda sukai. Ini akan membantu Anda terbiasa dengan struktur dan kosakata.
  • Catat Kata Keterangan Waktu dan Kata Penghubung: Buat daftar kata-kata seperti yesterday, last night, first, then, finally.
  • Latihan Menulis: Coba tulis ulang pengalaman Anda sendiri, seperti apa yang Anda lakukan di akhir pekan, saat liburan, atau saat merayakan sesuatu.
  • Minta Bantuan Guru: Jika ada yang kurang jelas, jangan ragu bertanya kepada guru Anda.

Kesimpulan

Recount text adalah alat yang ampuh untuk bercerita kembali dan berbagi pengalaman. Dengan memahami ciri-ciri, struktur, dan berlatih dengan berbagai jenis soal, siswa SMP kelas 2 dapat menguasai materi ini dengan baik. Ingatlah untuk selalu menggunakan past tenses, kata keterangan waktu, dan kata penghubung urutan agar cerita Anda menjadi jelas, runtut, dan menarik. Teruslah berlatih, dan Anda akan menjadi seorang pencerita yang handal dalam bahasa Inggris!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *